Minggu, 28 April 2024
Sekolah Menengah Atas

 SALAM NUMERASI: MARI MENGHUTUNG DAN  MENCAKAR

 SALAM NUMERASI: MARI MENGHUTUNG DAN  MENCAKAR

MEMPERINGATI HARI PI SEDUNIA

Sman3borong.sch.id-Pada hari ini 8 Maret 2024 SMAN 3 BORONG menyelenggarakan salah satu kegiatan penting dalam kerangka mencerdaskan kehidupan bangsa pada umumnya dan secara istimewah memperketat dan memperkuat numerasi anak-anak bangsa. Istilah tekhnis numerasi yang selalu berpasangan secara tidak terpisahkan dengan istilah literasi dalam dunia pendidikan per hari ini menjadi salah satu baliho dari caranya kurikulum merdeka  mengisi ruang pemberdayaan anak-anak bagsa dalam rumah pendidikan Indonesia. Numerasi dan literasi bagai dua sisi mata uang dalam pemberlakuan manusia dalam budaya pendidikan Indonesia.

Salah satu upaya pemberatasan numerasi buruk dilakukan oleh lembaga pendidikan SMAN 3 BORONG pada hari ini dengan membagkitkan daya upaya peserta didik dalam Cerdas Cermat Matematika. Penyelenggaraan kegiatan ini diakui dapat menjadi batu tungku minat dan menjaring prestasi peserta didik dalam bernumerasi. Menjadikan matematika sebagai salah satu mata pelajaran yang menggugah selera dan minat kiranya juga menjadi salah satu alasan dibalik penyelenggaraan kegiatan yag luar biasa ini.

Guru Matematika SMAN 3 BORONG yang berjumlah 3 orang Ibu Erlina Sofia Daima, Bpk. Damasus Hans Satu dan Bpk. Remigius  Belikoy pada kesempatan terpisah dalam kerangka perlombaan hari ini mengutarakan niat mulia mereka untuk menjadikan Matematika sebagai pelajaran yang menarik dan diminati. Untuk sampai kepada nuansa yang demikian dibutuhkan cara kerja ekstra yang dapat menempa cara peserta didik bernumerasi. Inti sari dari kegiatan ini ada pada dinamika pengetahuan matematika  pada umumnya sehingga dapat mencapai numerasi yang mumpuni.

Penekanan yang mengutamakan keseimbagan numerasi dan literasi dapat mencapai pemberdayaan manusia Indonesia. Usaha mencerdaskan kehidupan bangsa menjadi suatu bentuk pemberdayaan yang mentransformasi manusia yang mausiawi. Memanusiakan manusia sehingga lebih manusiawi dialami sebagai perimbagan yang tidak berhenti sehingga tercapai keutuhan manusia. Numerasi dal literasi sebagai dua peristilahan dalam penekanan pendidikan sekarang ini bukanlah isapan jempol belaka tetapi suatu keharusan yang mesti beroperasi dalam keberadaan manusia berpendidikan.  

Apresiasi yang luar biasa kepada civitas akademica SMAN 3 BORONG yang menyelenggarakan Cerdas Cermat Matematika. Intensitas pembelajaran matematika yang cenderung dihindari oleh peserta didik menjadi tantangan tersendiri sehingga melalui kegiatan ini dapat sedikit mempertinggi daya minat dan dinamika bersaing dalam persoalan-persoalan Matematis.

Dalam sambutannya, kepala SMAN 3 BORONG mengapresiasi kegiatan yang luar biasa ini demi meningkatkan cara kita bernumerasi. Dalam kesempatan ini juga hadir Bapak KORWAS MANGGARAI TIMUR BPK. Lukas Sumba dan membuka secara resmi kegiatan Cerdas Cermat Matematika tingkat SMAN 3 BORONG.

Kegiatan cerdas cermat Matematika yang diselenggarakan pada hari ini diperkuat dengan orasi ketua Panitia bahwasannya kegiatan ini juga dalam rangka memperingati Hari Pi Sedunia yang jatuh pada 14 Maret 2024. Ada sedikit simulasi yang dilakukan dalam formulasi simbol Pi ini.

kegiatan ini juga dihadiri Pemerintah daerah Kabupaten Manggarai Timur. Kadis PPO Manggarai Timur yang diwakili Bpk. Sipri Pempot sebagai sekretaris Dinas memberi apresiasi terhadap capaian lembaga SMAN 3 BORONG dan diyakini sebagai suatu pioner dalam lomba cerdas cermat tingkat SMA. Bpk. Sipri Pempot dalam sambutannya terus mengompori kegiatan ini sebagai kegiatan yang dapat menggerus cara berpikir anak bangsa akan ketakutannya terhadap numerasi dan dalam hal ini pelajaran matematika di semua tingkat pendidikan Indonesia. salah satu tiang penyanggah cara berpikir kritis disumbagkan oleh rasionalitas matematika.